RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui alat tes.
Mengidentifikasikan jenis-jenis tes kemampuan kebahasaan dan sastra.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan evaluasi kebahasaan dan sastra Indonesia
III. Indikator : Tes kebahasaan, komponen-komponen tes kebahasaan, jenis tes bahasa
IV. Materi Ajar : Tes Kebahasaan
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah, diskusi dan pemberian tugas
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Pemusatan perhatian pada materi dan EB
B. Kegiatan Inti : penjelasan materi
C. Kegiatan Akhir : tanya jawab dan kesimpulan
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : papan tulis, OHP, spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : penilaian dan pengajaran bahasa dan sastra
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : unjuk kerja
B. Kriteria Penilaian :
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis (5)
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami tentang kriteria kepercayaan alat tes
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Kepercayaan tes
III. Indikator : Teknik tes uji ulang, product moment, belah dua KR20, KR 21
IV. Materi Ajar : Kriteria kepercayaan alat tes
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Problem solving / dari percobaan / eksperimen
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Appersepsi dan pemusatan materi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan pokok materi
C. Kegiatan Akhir : Kesimpulan dan tugas
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : Papan tulis, OHP, spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : Buku Burhan Nurgiyantoro / Ngalim Purwanto
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Validitas
B. Kriteria Penilaian : Product
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis (5)
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami berbagai tes kompetensi kebahasaan, merumuskan jenis-jenis tes kompetensi kebahasaan.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tes kompetensi kebahasaan
III. Indikator : Bahan tes struktur, tingkatan tes struktur, tes kota kata
IV. Materi Ajar : Tes kompetensi kebahasaan
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah, kontekstual, pemecahan masalah
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Melaksanakan appersepsi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi pokok, tentang tes kompetensi kebahasaan.
C. Kegiatan Akhir : Kesimpulan tes kompetensi kebahasaan
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : Papan tulis, OHP, spidol, note book
B. Bahan/Sumber Belajar : Penialaian dalam pembelajaran
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Proyek / penugasan
B. Kriteria Penilaian :
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami tentang tes kemampuan reseptif
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tentang tes kemampuan reseptif
III. Indikator : Tes kemampuan, menyimak, membaca, butir-butir inti latihan
IV. Materi Ajar : Tes kemampuan reseptif
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah, pemecahan masalah, pemberian tugas, diskusi
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Pemusatan perhatian masalah materi yang berkait
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan pemusatan materi pokok / tes kemampuan reseptif
C. Kegiatan Akhir : Pemberian tugas dan penyimpulan materi
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : Papan tulis, spidol, LCD dan alat yang lain
B. Bahan/Sumber Belajar : Penialaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian :
Proyek / penugasan / diskusi dinilai berdasarkan materi, keaktifan dan kemampuan mempertahankan pendapat.
Hasil diskusi dinilai berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan dan mengintegrasikan masukan dari teman.
Instrumen penilaian diajukan secara lesan.
B. Kriteria Penilaian :
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 5
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Pemahanaman dan merumuskan arti / makna tes kompetensi produktif
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tes produktif, melalui tes kemampuan berbicara, kemampuan menulis
III. Indikator : Tes kemampuan berbicara : bentuk tugas kemampuan berbicara
Tes kemampuan menulis : kemampuan menulis, hasil karangan
IV. Materi Ajar : Tes kompetensi produktif
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Jiswo dan inquiri
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Appersepsi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan inti materi pokok
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan materi dan tanya jawab
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : Laptop. LCD dan papan tulis / spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : Penialaian dalam pembelajaran sastra (Burhan Nurgiyantoro, Ngalim Purwanto)
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Penilaian portofolio
B. Kriteria Penilaian : membuat keputusan
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis
10
Surakarta, Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 6
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami pelaksanaan tes kesusasteraan
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tes kesusasteraan, tentang tujuannya, pendekatan taksonomi tes sastra
III. Indikator : Tujuan dan penilaian pengajaran sastra, pendekatan taksonomi, tes kesastraan kategori mody
IV. Materi Ajar : Tes kesasteraan
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah, insight dan tanya jawab
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Penerapan appersepsi
B. Kegiatan Inti : Penjelasan pokok materi
C. Kegiatan Akhir : Kesimpulan
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : OHP, papan tulis / spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : Penilaian pengajaran bahasa sastra Burhan Nurgiyantoro / Suharsimi Arikunto
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Paper
B. Kriteria Penilaian : Mendidik / perbaikan proses pembelajaran peningkatan mutu pembelajaran
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis (5)
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami penilaian sikap
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan sikap dengan ekspresi fisik, ekspresi suara, ekspresi verbal
III. Indikator : Penilaian sikap melalui fisik, suara dan gerakan
IV. Materi Ajar : Penilaian fisik
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Demonstrasi / simulasi
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Appersepsi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara-cara penilaian fisk dan memberi tugas
C. Kegiatan Akhir : Pertunjukan / contoh-contoh
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : Media model
B. Bahan/Sumber Belajar : Evaluasi pendidikan / Ngalim Purwanto
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Penilaian sikap
B. Kriteria Penilaian :
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 8
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Pemahaman alat penilaian hasil pembelajaran
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan alat penilaian hasil pembelajaran
III. Indikator : Teknik non tes, teknik tes, bentuk tes
IV. Materi Ajar : Alat penilaian
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Terapan appersepsi
B. Kegiatan Inti : Penjelasan secara tuntas pada materi pokok
C. Kegiatan Akhir : Kesimpulan dan penggunaan alat tes
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : OHP / papan tulis / spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : Penilaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra /Burhan Nurgiyantoro
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Obyektif, adil, terencana dan bersinambungan
B. Kriteria Penilaian :
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis
10
Surakarta, 16 Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 9
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami alat tes yang disiapkan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kriteria kelayakan penggunaan alat tes
III. Indikator : Kelayakan alat tes, kesahihan alat tes, kriteria kepercayaan alat tes
IV. Materi Ajar : Kriteria kelayakan alat tes
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah, pemecahan masalah dan pemberian tugas
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Penerapan appersepsi
B. Kegiatan Inti : Penjelasan pokok materi
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan kepercayaan / fungsi alat tes
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : OHP / papan tulis / spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : Penilaian dalam pembelajaran bahasa dan sastra /Burhan Nurgiyantoro
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Fokus kompetensi
B. Kriteria Penilaian :
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis (5)
10
Surakarta, Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Triyatno
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 701302
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah : 2
Semester : VII
Pertemuan : 10-12
Alokasi Waktu : 100 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami kesahihan alat tes
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kesahihan alat tes
III. Indikator : Kesahihan, isi, konstruk, ukuran, ramalan, perhitungan pengukuran kesahihan
IV. Materi Ajar : Kriteria kesahihan alat tes
V. Metode / Strategi Pembelajaran : Ceramah, pemecahan masalah
VI. Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Appersepsi
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan materi pokok
C. Kegiatan Akhir : Kesimpulan penjelasan
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A. Alat/Media : OHP / papan tulis / spidol
B. Bahan/Sumber Belajar : Buku Burhan Nurgiyantoro
VIII. Penilaian :
A. Teknik dan instrumen penilaian : Unjuk kerja
B. Kriteria Penilaian : Validitas
NF = Portofolio (2) + Proses (3) + Tes Tulis
10
Surakarta, Juli 2008
Ketua Jurusan Dosen Pengampu
(Triyatno)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar